pallet plastik bekas
Harga pallet plastik
palet plastik bekas harga pallet plastik

Kenapa Pallet Plastik Anda Mudah Rusak dan Tidak Tahan Lama

Kenapa Pallet Plastik Anda Mudah Rusak dan Tidak Tahan LamaRajapallet.com - Kenapa Pallet Plastik Anda Mudah Rusak dan Tidak Tahan Lama? Bukankah pallet plastik didesain dengan bahan yang kuat dan di desain dengan berbagai tipe dan ukuran? Meskipun pallet plastik memiliki bahan yang kokoh dan lebih kokoh dibandingkan kayu, beberapa kesalahan penggunaan pallet juga dapat menjadi penyebab kerusakan sehingga dapat memperpendek umur dan masa servis pallet plastik.

Kesalahan dalam penggunaan pallet juga bisa berakibat rusaknya muatan yang ada di atas pallet. Selain sebagai alat atau wadah yang mempermudah dalam proses distribusi, pallet sebenarnya memiliki fungsi sebagai pelindung muatan yang ada di atasnya, maka apabila saat penanganannya terjadi kesalahan, selain palletnya rusak, muatan yang diatasnya juga pasti rusak.

Berikut beberapa kesalahan, yang sebagian besar dilakukan oleh pekerja dan bisa mengakibatkan kerusakam pada pallet plastik maupaun muatan pallet.

1. Menyimpan Pallet Di Luar Ruangan tanpa Pelindung

Pallet plastik memang tahan air dan tahan panas, tapi ingat sekuat-kuatnya barang kalau dibiarkan diluar ruangan terkena air hujan dan panas matahari yang terik lama-kelamaan akan rapuh. Oleh karena itu kalau pallet belum digunakan dalam jangka waktu lama, letakkanlah pallet di tempat atau ruangan yang teduh.

2.Melempar atau menyorong pallet plastik
Dalam situasi tertentu apakah itu disengaja atau tidak kadang pekerja melempar, menyorong atau meletakkan pallet dengan keras sehingga sampai menimbulkan suara yang keras. Tindakan-tindakan ini bisa menimbulkan kerusakan pada pallet. Kalau pada bagian atas retak atau luka bisa merusak muatan yang terbuet dari kertas atau plastik.

3. Cara menumpuk pallet plastik yang tidak benar.
Menumpuk pallet plastik harus dilakukan secara merata dan diberi aksesoris pendukung yang benar. Perhatikan juga batas penumpukan pallet supaya Anda tidak merusak pallet tersebut pada akhirnya.

4. Memberi beban pada pallet yang salah
Setiap pallet memiliki desain yang berbeda dan di desain dengan spesifikasi tertentu. Dalam kondisi diam atau berada di permukaan rata pallet memiliki ukuran beban statis (muatan maksimal yang dapat ditahan oleh pallet plastik ketika diletakkan pada permukaan yang rata). Jika pallet di atasnya diberikan muatan yang melebihi ukuran beban statisnya makan pallet akan rusak.

5. Beban dinamis pallet plastik yang terlalu tinggi.
Arti beban dinamis adalah beban maksimal pallet saat dimuatkan dan dipindahkan oleh forklift atau truk pallet dalam beban yang sama rata. Akibatnya, kurang lebih sama dengan point 4, pallet bisa rusak, bahkan patah sehingga muatannya pun juga menjadi rusak.

6.Berbalik sebelum garpu handpallet atau forklift benar-benar keluar dari lubang pallet
Tindakan ini kadang tidak disengaja oleh pekerja gudang, saat selesai menaruh muatan di lantai atau di rak forklift sudah berbalik padahal posisi garpu forklift masih berada di lubang atau bibir lobang pallet, akibatnya pallet menjadi terkoyak atau tergores.

7.Menyodok garpu forklift atau hand pallet tidak tepat pada lubang pallet

Pastikan bahwa sebelum menyodok atau mendorong garpu ke depan posisi garpu benar-benar tepat di lubang pallet, kalau tidak garpu akan melukai bagian pringgir pallet.

8. Mengangkat pallet terlalu rendah.
Ketika Anda mengangkat terlalu rendah, akan ada kemungkinan bahwa pallet dan muatannya akan membentur tanah/permukaan ketika forklift sedang berjalan di daerah yang tidak rata. Saat membawa Handpallet atau forklift di area yang kurang landai juga akan memiliki masalah yang sama.

9. Garpu tidak lurus horisontal dan muatan berada terlalu jauh.
Pastikan bahwa garpu forklift sudah dalam posisi yang benar saat loading, bongkar muat, menaikkan dan meletakkan pallet plastik, maka Anda sudah mencegah kerusakan yang tidak seharusnya akan terjadi.

10. Panjang garpu yang salah.
Ketika garpu forklift terlalu panjang dan terlalu terlihat menonjol, maka peluang kerusakan muatan akan jadi lebih besar. Ketika muatan diletakkan terlalu jauh di ujung garpu, kemungkinan muatan yang terbalik juga dapat terjadi dan hal ini sangat merugikan pallet plastik dan merusak muatan itu sendiri.

11. Jarak antar garpu yang salah.

Jarak antar garpu seharusnya sekitar 60% dari lebar pallet. Jarak antara garpu ini sangat berperan dalam memastikan stabilitas transportasi forklift tersebut.

Pallet plastik didesain dengan berbagai ukuran dan tujuan, oleh karena itu Anda pastikan bahwa pallet plastik yang Anda pilih ini sesuai dengan kebutuhan. Kalau untuk kebutuhan tatakan racking barang pastikan bahwa yang digunakan adalah pallet plastik racking, kalau menggunakan pallet tipe one way jelas akan patah. Untuk itu konsultasikan kepada team kami kalau Anda belum memahaminya, dengan senang hati kami akan membantu Anda.

Dengan memperhatikan 11 point penggunaan atau perlakuan pallet di atas, kami berharap semakin mengurangi tingkat kerusakan pallet yang tidak diinginkan sehingga pallet plastik Anda akan tetap awet dan tahan lama.

Untuk informasi lebih mengenai pallet plastik dan cara menggunakan, dan perawatannya jangan ragu untuk menghubungi tim Rajapallet sekarang juga. Baca juga 7 tips memilih supplier pallet plastik.