Grace (081291893410), Della (081213451861), Citra (081398607017)
(021)29093808

7 Jenis Alat Angkut yang Terdapat dalam Gudang

Rajapallet.com – 7 Jenis Alat Angkut yang Terdapat dalam Gudang – Gudang penyimpanan adalah elemen penting dalam rantai pasok suatu perusahaan. Dalam gudang tersebut, berbagai jenis barang ditempatkan dan diatur dengan cermat untuk menjaga ketersediaan persediaan dan memastikan pengiriman yang efisien.

7 Jenis Alat Angkut yang Terdapat dalam Gudang

Alat Angkut Gudang

Untuk mencapai tujuan tersebut, penggunaan alat angkut yang tepat menjadi kunci dalam memindahkan barang-barang di dalam gudang dengan cepat dan aman. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan berbagai jenis alat angkut yang umum digunakan dalam gudang penyimpanan serta fungsinya masing-masing.

Dengan memahami peran penting alat angkut ini, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mengoptimalkan kinerja gudang penyimpanan mereka.

Dalam gudang penyimpanan, terdapat beberapa alat angkut yang digunakan untuk memindahkan barang-barang dengan efisiensi dan keamanan. Berikut adalah beberapa contoh alat angkut yang umum digunakan dalam gudang penyimpanan beserta fungsinya:

7 Jenis Alat Angkut

1.Forklift

Forklift adalah alat angkut yang menggunakan garpu (fork) yang dapat diangkat dan diturunkan. Forklift digunakan untuk mengangkat dan memindahkan barang-barang yang berat atau berukuran besar. Forklift sangat efektif dalam memindahkan palet atau kemasan besar di dalam gudang.

2.Pallet Jack

Pallet jack, juga dikenal sebagai hand pallet truck atau pallet mover, adalah alat angkut manual yang digunakan untuk memindahkan palet. Pallet jack memiliki dua garpu pendek yang dapat dimasukkan ke dalam palet. Fungsinya adalah memudahkan pemindahan palet dari satu lokasi ke lokasi lain dalam gudang.

3.Conveyor Belt

Conveyor belt adalah sistem transportasi yang terdiri dari sabuk yang bergerak secara terus-menerus untuk mengangkut barang secara otomatis. Conveyor belt digunakan untuk memindahkan barang dalam jumlah besar dengan cepat dan efisien. Gudang penyimpanan sering menggunakan conveyor belt untuk mengalirkan barang dari satu titik ke titik lain dalam proses penyimpanan atau pemindahan.

conveyor belt

4.Reach Truck

Reach truck adalah jenis forklift yang dirancang khusus untuk bekerja di gudang dengan lorong sempit. Reach truck memiliki garpu yang bisa mengeluarkan palet ke depan dan mencapai ketinggian yang tinggi. Alat ini digunakan untuk memindahkan barang di rak-rak gudang dan mengambil barang dari tingkat yang lebih tinggi.

reach truck

5.Trolley

Trolley atau kereta dorong adalah alat angkut yang digunakan untuk memindahkan barang dalam jumlah kecil atau berat ringan. Trolley biasanya memiliki roda dan pegangan untuk memudahkan penggunaan dan mobilitas di dalam gudang.

6.Hand Truck

Hand truck, juga dikenal sebagai sack truck atau dolly, adalah alat angkut dengan dua roda dan pegangan yang digunakan untuk memindahkan barang-barang berat atau berukuran besar. Hand truck memiliki plat pengangkut yang bisa dimiringkan dan digunakan untuk memindahkan barang dengan mudah.

7.Conveyor Roller

Conveyor roller adalah silinder berporos yang digunakan dalam sistem conveyor untuk memindahkan barang dengan menggulungkan sabuk atau material pengangkut di atasnya. Conveyor roller membantu memfasilitasi aliran barang secara teratur dan terkendali di dalam gudang.

Conveyor roller

Demikian tadi 7 Jenis Alat Angkut yang Terdapat dalam Gudang, semua alat angkut ini membantu mempercepat proses pemindahan barang di dalam gudang penyimpanan dan memastikan barang-barang dapat diakses dengan mudah dan aman.

Kesimpulan

Penggunaan alat angkut yang tepat merupakan faktor kunci dalam meningkatkan efisiensi gudang penyimpanan. Namun, untuk memaksimalkan manfaat alat angkut tersebut, penggunaan pallet plastik sebagai metode penataan atau pengemasan sangat dianjurkan.

Dengan menggunakan pallet plastik, produk dapat diatur dengan lebih rapi, diangkut dengan aman, dan memberikan kontribusi terhadap praktik keberlanjutan perusahaan. Dengan demikian, implementasi penggunaan alat angkut dan penggunaan pallet plastik secara bersama-sama dapat meningkatkan efisiensi operasional dan kinerja gudang penyimpanan yang lebih baik. Untuk kebutuhan wrapping bisa gunakan plastik wrapping stretch film. Baca juga perbandingan hand staker dan hand pallet.

error: Content is protected !!