SHINTA

0813-9860-7017

MARYA

0812-9189-3410

DELLA

0812-1345-1861

Title

Category Archive forklift

6 Jenis Material Handling Industri Yang Perlu Anda Tahu

Rajapallet.com – 6 Jenis Material Handling Industri Yang Perlu Anda Tahu. Di dunia logistik dan pengiriman barang ada alat-alat yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan dan juga demi terjaminnya keamanan barang tersebut. Selain mempermudah Pekerjaan alat – alat ini juga dapat mempercepat proses pengangkutan dan pengiriman. Alat-alat tersebut disebut material handling.

6 Jenis Material Handling Industri Yang Perlu Anda Tahu

Material handling merupakan alat digunakan dalam proses yang mencakup operasi dasar dalam pergerakan, perlindungan, penyimpanan dan pengendalian bahan dan produk di seluruh pembuatan (manufaktur), pergudangan, distribusi, konsumsi dan pembuangan (disposal), sehingga dapat mencapai tujuannya dengan aman dan juga untuk menjaga kondisi dan kualitas bahan-bahan yang ditangani tersebut.

Tujuan Material Handling

  1. Berikut ini adalah tujuan Material Handling atau Penangan Bahan dalam Manajemen Operasi dan Produksi.
  2. Meminimalkan biaya-biaya Penanganan Material.
  3. Meminimalkan gangguan dan penundaan dengan menyediakan bahan yang diperlukan pada waktu yang tepat dan jumlah yang tepat juga.
  4. Meningkatkan kapasitas produktif dari fasilitas produksi dengan pemanfaatan kapasitas yang efektif dan meningkatkan produktivitas.
  5. Menjaga keamanan dalam penanganan material/bahan melalui perbaikan kerja.
  6. Pencegahan kerusakan pada material atau bahan yang ditangani.
  7. Mengurangi biaya-biaya yang berkaitan dengan Persediaan (Inventory)

Sebagian besar material handling mempunyai karakteristik yang berbeda. Berikut ini adalah 6 material handling industri yang biasa di gunakan:

1.Hand Pallet
Material handling nomor satu ini merupakan material handling yang harganya paling murah, simple cara kerjanya dan mudah digunakan. Hand Pallet merupakan peralatan material handling yang berfungsi dalam pemindahan barang-barang yang lebih mudah, efisien, dan hemat waktu.

Material Handling - Hand pallet

Hand Pallet berupa truck kecil dengan 4 roda kecil, 1 buah kemudi bagian belakang, dan 2 “garpu” yang digunakan untuk mengangkut barang. Dengan adanya roda tersebut mengurangi beban ketika mendorong hand pallet tersebut.

Penggunaan hand pallet memang sangat penting pada aktivitas-aktivitas yang memiliki hubungan erat dengan bahan yang memiliki bobot cukup berat, terutama pada sistem pekerjaan industri. Sangat merepotkan apabila seseorang harus mengangkut bahan baku yang beratnya hingga mencapai puluhan bahkan ratusan kilogram. Bahkan hal itu juga sangat menyita banyak waktu dan tenaga yang menjadikan pekerjaan lainnya menjadi terbengkalai.

Dalam penggunaannya di lapangan, material handling ini menggunakan pallet (pallet plastik atau pallet kayu) sebagai alas barang yang akan di angkat atau dipindah.

2.Hand Stacker
Hand Stacker difungsikan dalam kegiatan operasional suatu perusahaan sebagai alat untuk memindahkan dan pengangkatan beban, baik memindahkan dari truk atau menata diatas rak-rak dengan ketinggian yang sulit dijangkau agar lebih mudah, efisien dan hemat waktu dengan sistem kerja hidrolik.

Hand Stacker

Hand Stacker dapat berfungsi dengan baik apabila digunakan ditempat yang halus, Hand Stacker juga memiliki beberapa jenis roda yang disesuaikan dengan tempat kegiatan pengangkutan.

Hand Stacker menggunakan mekanisme cara kerja hidrolik yang dioperasikan menggunakan pemompaan secara manual maupun elektrik pada saat pengangkatan garpu. Pemompaan manual tentu lebih membutuhkan tenaga ekstra untuk memompa.

Berbeda dengan elektrik yang mampu memompa sendiri dari energi listrik yang menggerakan mekanisme pompa hidroliknya. Dari segi harga tentu elektrik akan lebih mahal dari manual. Kapasitas Hand Stacker berkisar antara 1 – 3 Ton . Dengan tinggi angkat 1 sampai 6 meter.

3.Lifting Scissors
Lifting Scissor merupakan alat angkut yang difungsikan untuk menjangkau ketinggian yang sulit dijangkau secara manual. Dioperasikan secara full electric bersistem hydraulic dengan standard keamanan tinggi pada setiap platformnya memungkinkan untuk operator dapat dengan mudah menyelesaikan kegiatan operasional di atas ketinggian, seperti instalasi kaca gedung, pembenahan atap, renovasi, dan lain lain.

.Lifting Scissors material handling

Alat ini didesain untuk mengangkut barang- barang besar, tetapi biasanya beban hanya terbatas 1-2 orang operator saja (tergantung material yang dibawa). Beban platform aluminium yang ringan menjadikannya sangat cocok digunakan di semua jenis area baik indoor maupun outdoor. Platform dioperasikan dengan cara diangkat dan diturunkan menggunakan tenaga hidrolik dan mekanisme seperti gunting.

4.Drum Handler
Drum Handler merupakan alat angkat khusus yang difungsikan dalam kegiatan penataan drum. Memiliki daya cengkram kuat sehingga mampu mengangkat dan memindahkan drum baja maupun plastik berkapasitas besar menggunakan tenaga hydraulis.

Drum Handler

Dapat dioperasikan dengan mudah dan aman serta drum mampu diputar 360 derajat untuk membantu pada saat proses penuangan. Sangat cocok pada penggunaan outdoor maupun indoor dengan roda kemudi yang fleksible untuk dipindahkan.

Penggunaan alat ini dinilai sangat diperlukan dalam kegiatan operasional perusahaan untuk menunjang produktivitas kerja maupun meringankan beban operator. Memiliki kapasitas beban maksimal 350 kg dan memiliki daya angkat hingga 1,4 meter. Beberapa jenis drum handler yaitu :

5.Forklift
Forklift merupakan kendaraan yang difungsikan sebagai alat angkut dalam pemindahan barang berkapasitas besar baik indoor maupun outdoor, termasuk dalam kegiatan bongkar muat barang di pelabuhan, pabrik, gudang, ekspedisi, supermarket, dan lain lain. Dioperasikan secara electrik untuk dapat menaikturunkan beban serta bermanuver dengan jarak yang cukup jauh.

forklift material handling

Operator dapat dengan mudah mengoperasikan alat ini dengan duduk diatas cab operator yang telah disediakan dengan beragam fitur, diantaranya layar LCD digital multi fungsi, tombol kendali kecepatan, alarm, rem otomatis, sabuk pengaman, dll. Alat ini sangat ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi, bahkan telah dilengkapi sistem manajemen baterai canggih untuk mengoptimalkan masa pakai baterai.

Penggunaan forklift dinilai sangat membantu karena selain dapat menghemat biaya operasional, produktivitas kerja pun lebih meningkat. Kapasitas forklift secara umum berkisar antara 1 Ton – 10 Ton dengan daya angkat masing-masing unitnya mampu menjangkau hingga ketinggian 3 Meter hingga 6 meter.

Dalam penggunaan di lapangan material handling ini juga kadang menggunakan pallet sebagai alas barang yang akan di angkat atau dipindahkan.

6.Crane
Material handling yang terakhir ini, termasuk material handling terbesar, di dibandingkan point nomer 1-5. Crane biasanya digunakan Beberapa gudang yang memiliki sistem crane tersendiri agar memudahkan pengangkatan dan pemindahan berbagai macam barang-barang berat yang tidak mampu diangkut oleh perangkat gudang lainnya.

Crane material handling

Crane merupakan salah satu pesawat pengangkat dan pemindah material yang banyak di gunakan. Crane juga merupakan mesin alat berat (heavy equitment) yang memilki bentuk dan kemampuan angkat yang besar dan mampu berputar hingga 360 derajat dan jangkauan hingga puluhan meter. Crane biasanya digunakan dalam pekerjaan pekerjaan proyek, pelabuhan, perbengkelan, industri, pergudangan dll.

Demikian tadi, 6 Jenis Material Handling Industri Yang Perlu Anda Tahu – Semoga bermanfaat. Apabila Anda membutuhkan pallet plastik, bisa menghubungi kami, Rajapallet. Apabila Anda membutuhkan perlengkapan packaging seperti stretch film, bisa lihat di megumiplastics.

Truk Angkat Untuk Mempermudah Kegiatan Perpindahan di Warehouse

Rajapallet.com – Truk Angkat Untuk Mempermudah Kegiatan Perpindahan di Warehouse. Di dunia warehouse alat yang berjasa membatu proses loading barang menjadi lancar selain pallet plastik adalah truk angkat atau biasa secara umum di sebut forklift. Di dunia warehouse ternyata ada banyak macam truk angkat yang sering dipakai.

Truk angkat forklift

Truk angkat ini telah ada sejak pertama kali diperkenalkan di awal abad ke-20 seperti dapat dilihat pada gambar dibawah ini. Tujuan awalnya yaitu memindahkan barang dengan alat yang sederhana dan efisien namun tidak mengubah keberadaan barang yang dipindahkan.

Di bawah ini kami akan menunjukkan contoh beberapa jenis truk angkat yang paling umum digunakan dalam penanganan material.

Berikut ini adalah jenis-jenis truck angkut berdasarkan muatan, diantaranya.

  1. Rider Pallet Truck (forklift)
    Jenis pengendara ditunjukkan digunakan untuk pergerakan pallet plastik yang sering terjadi pada jarak seperti pergerakan antara departemen atau area penyimpanan. Juga hadir dalam versi yang tidak memiliki platform operator dan kecepatan yang lebih tinggi. Manuver biaya rendah dan tinggi membuat kendaraan ini pilihan yang baik di mana pergerakan beban yang sering dibutuhkan.
  2. Forklift Listrik
    Kendaraan serbaguna digunakan untuk memuat trailer, tumpukan beban, beban rak, pallet bergerak di seluruh fasilitas. Membutuhkan lorong lebar untuk memutar. Berbagai macam lampiran yang tersedia. Listrik adalah kendaraan dalam ruangan yang sangat praktis.
  3. Truk angkat angkat secara internal
    Fungsinya mirip dengan truk listrik diatas. Truk propana (ditunjukkan) bisa digunakan di dalam ruangan atau di luar asalkan ada ventilasi yang memadai.
  4. Order Picker Lift Truck
    Kendaraan jenis man-up yang dirancang khusus untuk muatan tangan kurang dari jumlah pallet load masuk dan keluar dari rak selektif. Lorong sangat sempit (VNA) bekerja di gang kurang dari 6 ‘lebar. Alias ??Order Picker
  5. Reach Truck
    Truk lorong sempit dirancang khusus untuk penyimpanan palet yang di rak. Versi double-deep memuat palet 2-deep dalam double-deep racking khusus.
  6. Swing Mast Truck
    Mast mengayunkan 90 derajat untuk memudahkan penempatan palet di racking di lorong yang sangat sempit (kurang dari 6 ‘). Fungsi serbaguna juga memungkinkannya digunakan untuk memindahkan palet dan untuk memuatkan trailer.
  7. Turret Truk
    Truk lorong sangat sempit (VNA) memungkinkan penyimpanan beban palet dalam racking dengan gang kurang dari 6 ‘lebar. Man-up desain memfasilitasi penempatan yang akurat dalam racking tinggi (sampai 40 kaki). Jenis kendaraan ini pada umumnya membutuhkan sistem panduan dan tingkat lantai yang sangat tinggi.

Demikian tadi Truk Angkat Untuk Mempermudah Kegiatan Perpindahan di Warehouse. Baca juga: plastik wrapping plastik elastis membantu pengemasn barang di gudang. Pallet plastik bekas murah untuk gudang.

error: Content is protected !!