Della (081213451861), Grace (081291893410), Citra (081398607017)
(021)29093808

7 Tips Cara Merawat Rak Gudang

Rajapallet.com – 7 Tips Cara Merawat Raking Gudang. Rak gudang biasanya terbuat dari bahan besi yang kokoh, sehingga bisa menopang barang di atas pallet plastik dengan baik. Meskipun kuat, rak gudang tersebut perlu mendapatkan perawatan sehingga tetap terjaga dengan baik dan memiliki umur pemakaian yang panjang.

cara merawat rak gudang

Harga rak gudang tergolong cukup mahal, untuk itu kalau terjadi kerusakan akan merugikan kita sendiri, selain biaya maintenancenya cukup mahal juga bisa berakibat buruk terhadap pekerja maupun barang yang disimpan.

Oleh karena itu, perawatan rutin terhadap rak, memang sangat dibutuhkan. Sehingga kerusakan dan kecelakaan di tempat kerja dapat dihindarkan.

Berikut ini adalah 7 Tips Cara Merawat Rak Gudang

1. Pembersihan Rutin Rak

Kegiatan ini kadang dilewatkan oleh beberapa perusahaan. Pembersihan sangat penting untuk rak, karena membersihkan rak akan memperpanjang umur rak itu sendiri. Pembersihan rak sebaiknya menggunakan penyedot debu. Tidak dianjurkan mengunakan air, karena air mudah mengoksidasi permukaan rak, sehingga bisa mengurangi umur simpan.

2.Pilih sistem raking gudang dengan tepat

Di pasaran, ada banyak pilihan model rak pallet, sebelum memutuskan untuk dibeli pilihlah rak yang tepat sesuai dengan kebutuhan penyimpanan barang Anda.

3.Letakkan rak-rak dengan rapi

Setelah rak yang dipilih tepat, letakkan rak-rak dengan rapi, serta memudahkan lalu lalang material handling, seperti hand pallet, forklift dalam mengambil barang atau mendistribusikan barang.

4.Hindari memberi muatan berlebih

Pastikan untuk mengingat batas maksimum muatan rak, jangan meletakkan barang lebih dari berat barang, agar rak tidak patah dan menimbulkan kecelakaan.

5.Berikan safety training untuk pekerja

Penggunaan rak untuk tempat penyimpanan barang secara terus menerus tentu akan mengurangi daya pakainya secara perlahan-lahan. Kalau petugas forklif tidak berhati-hati, akan ada benturan dari material handling tersebut yang merusak konstruksi rak.

Berikan safety training kepada pekerja untuk menghindari lebih banyak benturan karena garpu forklift, rak tersebut tetap terjaga. Berikan perlindungan ekstra di sekitar racking agar tidak mudah terbentur material handling.

6.Lakukan pemeriksaan secara rutin

Pemeriksaan rutin pada rak gudang di lakukan untuk memantau dan mengecek apakah ada kerusakan pada strukturnya yang perlu diperbaiki. Dengan melakukan ini, kita bisa menjaga atau memperpanjang masa pakai racking tersebut.

7.Gunakan pallet plastik racking yang kokoh

Pilih pallet racking yang tepat sehingga memudahkan dalam proses penyimpanan dan pengambilan barang. Pemilihan ukuran pallet palstik dan tipe pallet yang salah bisa menyebabkan kerusakaan pada rak.

pallet racking yang kokok

Bagi Anda yang saat ini memiliki rak di gudang dan menggunakan sistem penyimpanan secara racking semoga 7 Tips Cara Merawat Rak Gudang ini bermanfaat. Apabila Anda membutuhkan pallet racking segera hubungi kami, Rajapallet.

Kami dapat membantu menyediakan pallet plastik berkualitas untuk kebutuhan racking di gudang.
Kami adalah supplier pallet plastik di Indonesia yang berdomisili di Cikarang bekasi. Kami siap memberikan solusi terbaik untuk kebutuhan pallet raking di gudang perusahaan Anda. Baca juga 6 cara meningkatkan efisiensi gudang.

error: Content is protected !!