SHINTA

0813-9860-7017

MARYA

0812-9189-3410

WINDA

0812-6079-7470

Title

6 Cara Meningkatkan Efisiensi Gudang

Rajapallet.com – 6 Cara Meningkatkan Efisiensi Gudang – Efisiensi gudang yang baik bukan hanya tentang meletakkan segala sesuatu pada tempatnya dan mengeluarkan produk tepat waktu, tetapi juga tentang memaksimalkan produktivitas sambil menghemat waktu dan uang.

6 Cara Meningkatkan Efisiensi Gudang

Gudang yang efisien menghemat uang, ruang, dan banyak lagi. Untuk operator gudang saat ini, kapasitas dan kualitas menempati urutan teratas daftar prioritas, menurut Penanganan Material & Logistik.

Efisiensi di gudang Anda sangat penting untuk keberhasilan perusahaan mana pun dengan distribusi dan peningkatan efisiensi gudang adalah prioritas utama bagi manajer gudang di mana pun. Ini adalah fakta yang terkenal, bahwa meningkatkan efisiensi mengurangi biaya keseluruhan. Meskipun demikian, begitu banyak perusahaan belum membuat perubahan kecil yang diperlukan untuk mengatasi hal ini.

6 Cara Meningkatkan Efisiensi Gudang

Pentingnya efisiensi gudang – dan dampaknya terhadap keuntungan Anda – tidak dapat ditekankan. Berikut adalah 6 cara Anda dapat mulai meningkatkan efisiensi dan produktivitas gudang. Beberapa mudah diimplementasikan, dan beberapa membutuhkan biaya, tetapi semuanya dapat membantu menjalankan operasi Anda seperti mesin yang diminyaki dengan baik.

1. Audit Denah Gudang Saat Ini

Langkah pertama untuk menigkatkan efisiensi gudang adalah mencari tahu / mengaudit di mana letak ketidakefisienan saat ini. Gudang adalah operasi yang kompleks dan saling berhubungan, audit ini harus mempertimbangkan beberapa titik data.

Pertama, kategorikan setiap area berdasarkan tujuannya, lalu mulailah melacak lalu lintas pejalan kaki dan forklift di seluruh gudang. Data ini akan mengungkapkan rute yang diambil karyawan untuk setiap proses tertentu, menunjukkan di mana mereka paling dibutuhkan dan di mana penundaan paling banyak terjadi.

2. Maksimalkan Ruang yang Tersedia

Gudang sering memiliki ruang yang tidak terpakai, atau lebih tepatnya, ruang yang tidak dioptimalkan. Di sebagian besar perusahaan, 20 hingga 30% inventaris mati atau usang, mengambil ruang berharga yang bisa digunakan untuk barang-barang yang diminta. Melacak produk apa yang bergerak dan mana yang tidak dapat membantu mengungkap pemborosan ini, yang kemudian dapat dibuang oleh gudang.

Setelah membuang barang-barang yang tidak berguna, maksimalkan ruang gudang yang tersedia dengan mengatur ulang lorong. Salah satu cara paling mudah untuk meningkatkan kapasitas adalah dengan memanfaatkan ruang vertikal. Susun rak lebih tinggi atau tambahkan deretan penyimpanan mezzanine untuk memanfaatkan ruang ini.

3. Pilih Wadah yang Tepat

Wadah yang tepat adalah kunci untuk menampung produk Anda sehingga Anda harus selalu meneliti dan menilai kebutuhan Anda sebelum memilihnya. Anda ingin mereka mudah memuat produk Anda, pas dengan baik tanpa ada ruang yang terbuang. Tentu saja, berbagai jenis inventaris seringkali membutuhkan wadah yang berbeda. Misalnya, jika Anda mengirimkan produk makanan, Anda memerlukan wadah yang sesuai yang memenuhi peraturan tertentu.

4. Pilih Pallet yang Tepat

Palet yang berbeda memiliki kekuatan dan kelemahan yang berbeda. Memilih jenis palet yang tepat dapat membuat transportasi dan penyimpanan barang menjadi jauh lebih mudah. Ada 6 jenis pallet saat ini, berikut tiga jenis palet yang umum digunakan untuk kebutuhan logistik:

Palet logam. Sangat awet dan tahan lama, serta mampu menahan panas tinggi dan bahan korosif. Ini membuatnya ideal untuk gudang farmasi.
Pallet plastik. Ringan, tahan lama, dan sangat terjangkau.
Pallet kayu. Dapat didaur ulang dan sangat serbaguna, dengan banyak bentuk dan desain.

 

pallet plastik racking

Pastikan Anda memilih pallet yang tepat, untuk kebutuhan racking misalnya, dengan harga terjangkau Anda bisa menggunakan pallet plastik jenis Racking. Pallet ini memungkinkan Anda menyimpan barang secara vertikal. baca 5 panduan memilih pallet yang tepat

5 Optimalkan Racking

Apakah Anda memanfaatkan ruang gudang Anda? Bagaimana dengan ruang vertikal? Alih-alih memperluas luas persegi Anda, Anda mungkin mempertimbangkan untuk menambahkan unit penyimpanan yang lebih tinggi dan peralatan yang tepat untuk mengambil dan menyimpan bahan dapat membantu Anda menyimpan lebih banyak dalam ukuran persegi yang sama, daripada menambahkan biaya perluasan.

Saat memilih rak, ukuran, kekuatan, dan aksesibilitas semua perlu dipertimbangkan sehingga penting untuk memahami berbagai jenis rak yang tersedia. Jika Anda memindahkan banyak barang kecil, gunakan rak aliran; untuk barang yang lebih besar, coba rak kantilever atau palet.

6.Gunakan Material handling yang tepat

Rajapallet pernah membahas terakait 6 jenis-jenis material handling yang biasanya digunakan di lingkuangan Industri. Pilih materail handling yang tepat untuk menunjang proses distribusi barang di gudang Anda. Dengan memilih peralatan yang tepat Anda akan mendapatkan efektivitas yang luar biasa.

material handling gudang

Demikian tadi 6 Cara Meningkatkan Efisiensi Gudang. Semoga bisa memberikan referensi dan ide baru dalam dalam operasioanal pergudangan Anda. Kalau Anda membutuhkan perlengkapan untuk memwrapping barang-barang Anda bisa menggunakan stretch film, strapping band.

Rajapallet

Rajapallet, Rajanya pallet plastik adalah distributor pallet plastik nomor 1, terlengkap dan terpercaya di Indonesia, menjual pallet plastik baru berbagai tipe dan pallet plastik bekas berbagai ukuran dengan harga murah terjangkau

error: Content is protected !!