SHINTA

0813-9860-7017

MARYA

0812-9189-3410

DELLA

0812-1345-1861

Title

Category Archive palet plastik

Panduan Mengenal Pallet Plastik dan Jenis-Jenisnya

Rajapallet.com – Panduan Mengenal Pallet Plastik dan Jenis-Jenisnya. Pallet plastik merupakan salah satu material packaging modern yang menjadi pilihan para pemilik usaha. Ada beberapa alasan yang membuat pallet plastik menjadi pilihan, yaitu ringan, tahan lama dan pilihan jenisnya beragam.

Panduan Mengenal Pallet Plastik dan Jenis-Jenisnya

Pallet plastik merupakan sebuah inovasi packaging pengiriman muatan dengan kualitas karakteristik dan pengaplikasian yang lebih baik. Pallet yang berbahan plastik memiliki bobot yang lebih ringan, awet, mudah dibersihkan, cocok untuk sistem otomasi, dan bisa didaur ulang.

Selain mendapatkan berbagai kelebihan tersebut, perusahaan juga dapat menurunkan Total Cost of Business (TCOB) mereka.

Untuk membantu Anda menentukan jenis pallet plastik yang Anda butuhkan, kali ini Rajapallet telah menyiapkan panduan berisi berbagai informasi umum mengenai pallet plastic, bahan yang digunakan untuk membuat pallet, dimensi pallet plastic, dan juga jenis pallet plastik.

Jenis Plastik Apa yang Digunakan untuk Membuat Pallet Plastik?

Setiap jenis plastik pastinya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Maka, material plastik yang digunakan dalam pembuatan pallet akan mempengaruhi cara penggunaan dan pengaplikasiannya. Beberapa jenis plastik yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan pallet plastik adalah sebagai berikut.

3 Bahan Plastik untuk Membuat Pallet Plastik

Polyvinyl Chloride (PVC)
PVC adalah salah satu termoplastik paling populer di dunia. Plastik ini sangat padat, keras, dan memiliki tensile strength yang sangat baik. PVC juga cenderung mudah untuk dimodifikasi– dengan menambahkan aditif untuk membuatnya menjadi kaku atau fleksibel sesuai kebutuhan.

Namun, PVC cenderung menjadi rapuh pada suhu rendah, sehingga pallet plastik yang terbuat dari bahan ini tidak cocok untuk digunakan untuk mengirim produk yang membutuhkan suhu dingin.

Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS)
ABS merupakan jenis plastik yang sangat kuat sehingga sering digunakan untuk membuat bumper mobil dan mainan anak seperti LEGO. Karena kekuatannya juga, plastik ini cukup populer diaplikasikan dalam pembuatan pallet plastik. Namun, plastik ini tidak cocok diaplikasikan untuk produk kontainer atau kemasan yang berkontak langsung dengan makanan.

Polyethylene (PE)
PE adalah plastik paling populer di dunia dan digunakan untuk membuat tas belanja, botol air, dan mainan. Plastik ini adalah salah satu plastik paling sederhana dan memiliki densitas yang variatif.

Polietilena sangat kuat, dan stabil pada suhu tinggi maupun rendah. HDPE adalah bahan pilihan untuk pallet berkualitas tinggi karena kekuatannya, stabilitasnya di rentang suhu yang luas, juga kemudahannya untuk didaur ulang.

Dimensi Pallet Plastik

Pallet plastik hadir dalam berbagai dimensi dan ukuran, dan beberapa ukuran pallet hanya digunakan di negara atau industri tertentu.

Untuk memastikan keseragaman ukuran antar pallet, maka muncul standardisasi dimensi oleh International Organization for Standards (ISO).

Dimesni pallet plastik ISO

Jenis Pallet Plastik berdasarkan Bentuk

Selain ukuran dan dimensi, pallet plastik juga tersedia dalam berbagai macam bentuk sesuai dengan penggunaanya.

Pallet dapat dirancang untuk disusun di atas satu sama lain saat terisi penuh untuk membuat proses transportasi menjadi efisien atau dapat dirancang untuk dapat ditumpuk masuk antara satu dan lainnya saat sedang kosong sehingga memakan sedikit ruang.

Jenis bentuk pallet yang paling umum yaitu sebagai berikut.

Reversible Pallet
Pallet ini bisa disebut juga pallet berwajah ganda, wajah dan bawah yang sama. Reversible pallet merupakan kategori pallet lebar yang memiliki dek atas dan bawah. Dek bawah reversible pallet merupakan dek padat yang identik dengan bagian atas pallet.

Reversible Pallet, ideal untuk penggunaan kantong produk . Biasanya untuk gudang tepung, beras, garam atau semen, produk dikemas dalam kantong. Untuk penyimpanan lebih banyak, pallet akan menjadi pilihan yang baik. Pallet reversibel akan menjadi pilihan yang baik untuk menghindari masalah ini.

Non-Reversible Pallet
Pallet jenis ini merupakan kebalikan dari Non-Reversible Pallet, kalau reversible pallet memiliki 2 dek atau 2 wajah, sedangkan jenis pallet ini hanya memiliki 1 dek. Hanya 1 bagian yang digunakan sebagai pemopang barang dan bagian bawah sebagai kaki-kaki.

Three Runner Pallet
Three runner pallet merupakan pallet dengan tiga struktur paralel pada bagian dek atasnya. Secara teknis pallet ini memiliki dasar yang cukup licin karena tidak adanya dek bawah.

THREE RUNNER PALLET - RAJAPALLET

Nine-Legged Pallet
Sesuai dengan Namanya yaitu, nine legged : yang artinya berkaki 9, maka pallet ini memang memiliki 9 kaki. Jenis pallet ini ada pada pallet plastik nestable.

Nine-Legged Pallet

Drum Pallet
Pallet ini dirancang secara khusus untuk membawa produk yang dikirim dalam drum bermuatan lima puluh galon. Dek ini memiliki ceruk yang sesuai dengan keliling drum dan membantu menahannya di tempatnya.

Demikian tadi panduan mengenal pallet plastik dan jenis-jenisnya. Apabila Anda ingin tahu lebih banyak mengenai produk pallet plastik Rajapallet, segara hubungi kami melalui WA, atau telepon ke nomor sales Rajapallet yang tertcantum website Rajapallet ini. Kalau Anda membutuhkan produk packaging bisa lihat stretch film, plastik PE, OPP tape, strapping band.

Tips Mengelola Barang di Pergudangan Agar Aman dan Terjaga

Rajapallet.com – Tips Mengelola Barang di Pergudangan Agar Aman dan Terjaga. Istilah mengelola barang dalam Gudang tentu tidak hanya sekedar menjaga agar barang aman dari pencurian, namun juga memastikan soal keamanan agar mutu produk tetap terjaga saat disimpan di dalam Gudang.

pengelolaan barang di gudang

Semakin besar jumlah barang yang akan disimpan di dalam Gudang semakin berat juga tanggung jawab Anda untuk menjaga barang yang disimpan . Berikut tips untuk mengelola barang di pergudangan.

1.Pastikan bahwa Gudang cukup memadai
Pastikan bahwa Gudang yan akan digunakan untuk menyimpan barang cukup memadai artinya tidak terlalu sempit maupun tidak terlalu luas. Dengan ruang yang cukup, memungkinkan untuk mengoptimalkan penataan barang.

Dengan ruangan yang cukup, barang dapat ditata dengan baik dan teratur sehingga memudahkan dalam proses penataan dan pengambilan Kembali barang. Selain itu, ruang Gudang juga Ruangan juga menjadi cukup untuk

2. Perhatikan Kualitas Pengemasan
Untuk menjaga keamanan barang, langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah memperhatikan kualitas pengemasan. Gunakanlah kardus atau kotak kayu dengan lapisan styrofoam maupun bubble wrap. Setelah itu, berikanlah label tertentu agar mendapatkan penanganan khusus, misalkan barang pecah belah melalui tulisan “fragile.”Untuk mengamankan barang dari debu atau air Jangan lupa bungkus produk Anda dengan menggunakan stretch film atau plastik wrapping.

3. Menggunakan Palet Terbaik
Dalam dunia logistik, peran palet sangatlah penting yaitu menahan beban dari barang dengan variasi berat dan sebagai alas untuk menjaga kebersihan. Secara lazim terbuat dari kayu, tetapi ada juga yang berbahan plastik untuk mengantisipasi pengeroposan atau serangan rayap.

Untuk jenis pallet yang Akan dipilih, Anda bisa menggunakan pallet kayu atau pallet plastik. Pastikan pallet yang Anda gunakan spesifikasinya sesuai dengan yang Anda butuhkan di lapangan. Misalnya, untuk kebutuhan Racking pilih pallet yang bisa digunakan untuk tatakan racking.

Penggunaan palet untuk menumpuk barang memang membuat gudang menjadi efisien, tetapi perhatikan beberapa hal berikut:
1. Simpanlah jauh dari rak penyimpanan jika tidak sedang digunakan,
2. Letakkan di permukaan datar,
3. Anda bisa memasang jala atau jaring di belakang rak untuk mencegah barang jatuh,
4. Jangan memanjat agar terhindar dari risiko terjatuh,
5. Gunakan alat pengaman saat bekerja.

4.Perhatikan Penyusunan Barang Bertumpuk
Agar penggunaan gudang menjadi semakin efisien, Anda bisa menyimpang barang dengan cara ditumpuk. Namun, ada dua catatan penting yang harus Anda perhatikan dalam hal ini. Pertama, pastikan barang muatan tidak mengalami reaksi tertentu saat berdekatan. Kedua, letakkan beban paling ringan di atas.

5.Jangan Menyimpan Barang Berbahaya Tanpa Izin
Barang berbahaya seperti zat kimia yang mudah terbakar, meledak, atau bersifat korosif sangat berisiko ketika disimpan di gudang. Jika tidak memiliki izin dari pihak terkait, lebih baik hindari menyimpan barang-barang ini. Apabila memang terpaksa, tingkatkan segi keamanan dan persiapkan peralatan khusus untuk mengatasi kemungkinan buruk yang terjadi.

6.Memperhatikan Proses Pengambilan Barang
Dalam proses pengambilan barang memungkinkan terjadi sebuah kecelakaan, sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi produktivitas usaha dan kualitas barang. Di sisi lain, keselamatan pekerja juga jadi salah satu hal yang harus diperhatikan.

Proese loading barang di gudang

Penggunaan material handling yang sesuai dengan kebutuhan. Material handling dalam proses pengambilan barang sangatlah membantu. Adapaun untuk memperkecil angka kecelakaan, pilihlah operator berpengalaman dan anjurkan untuk mematuhi semua prosedur kerja. Kemudian, ketika melakukan teknik pengangkatan manual, lakukanlah secara benar agar tidak terjadi cedera otot atau tulang. Jika memungkinkan, Anda pun lebih baik melibatkan unsur mekanis material handling.

Setelah memperhatikan  poin di atas, penerapan prinsip ergonomi dari K3 pun tidak kalah penting untuk menunjang keamanan barang dalam gudang.pergudangan

Apabila Anda membutuhkan informasi seputar perlengkapan logistik Tips Mengelola Barang di Pergudangan Agar Aman dan Terjaga segara hubungi kami.

error: Content is protected !!