Della (081213451861), Grace (081291893410), Citra (081398607017)
(021)29093808

Tips Mengelola Barang di Pergudangan Agar Aman dan Terjaga

Rajapallet.com – Tips Mengelola Barang di Pergudangan Agar Aman dan Terjaga. Istilah mengelola barang dalam Gudang tentu tidak hanya sekedar menjaga agar barang aman dari pencurian, namun juga memastikan soal keamanan agar mutu produk tetap terjaga saat disimpan di dalam Gudang.

Semakin besar jumlah barang yang akan disimpan di dalam Gudang semakin berat juga tanggung jawab Anda untuk menjaga barang yang disimpan . Berikut tips untuk mengelola barang di pergudangan.

1.Pastikan bahwa Gudang cukup memadai
Pastikan bahwa Gudang yan akan digunakan untuk menyimpan barang cukup memadai artinya tidak terlalu sempit maupun tidak terlalu luas. Dengan ruang yang cukup, memungkinkan untuk mengoptimalkan penataan barang.

Dengan ruangan yang cukup, barang dapat ditata dengan baik dan teratur sehingga memudahkan dalam proses penataan dan pengambilan Kembali barang. Selain itu, ruang Gudang juga Ruangan juga menjadi cukup untuk

2. Perhatikan Kualitas Pengemasan
Untuk menjaga keamanan barang, langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah memperhatikan kualitas pengemasan. Gunakanlah kardus atau kotak kayu dengan lapisan styrofoam maupun bubble wrap. Setelah itu, berikanlah label tertentu agar mendapatkan penanganan khusus, misalkan barang pecah belah melalui tulisan “fragile.”Untuk mengamankan barang dari debu atau air Jangan lupa bungkus produk Anda dengan menggunakan stretch film atau plastik wrapping.

3. Menggunakan Palet Terbaik
Dalam dunia logistik, peran palet sangatlah penting yaitu menahan beban dari barang dengan variasi berat dan sebagai alas untuk menjaga kebersihan. Secara lazim terbuat dari kayu, tetapi ada juga yang berbahan plastik untuk mengantisipasi pengeroposan atau serangan rayap.

Untuk jenis pallet yang Akan dipilih, Anda bisa menggunakan pallet kayu atau pallet plastik. Pastikan pallet yang Anda gunakan spesifikasinya sesuai dengan yang Anda butuhkan di lapangan. Misalnya, untuk kebutuhan Racking pilih pallet yang bisa digunakan untuk tatakan racking.

Penggunaan palet untuk menumpuk barang memang membuat gudang menjadi efisien, tetapi perhatikan beberapa hal berikut:
1. Simpanlah jauh dari rak penyimpanan jika tidak sedang digunakan,
2. Letakkan di permukaan datar,
3. Anda bisa memasang jala atau jaring di belakang rak untuk mencegah barang jatuh,
4. Jangan memanjat agar terhindar dari risiko terjatuh,
5. Gunakan alat pengaman saat bekerja.

4.Perhatikan Penyusunan Barang Bertumpuk
Agar penggunaan gudang menjadi semakin efisien, Anda bisa menyimpang barang dengan cara ditumpuk. Namun, ada dua catatan penting yang harus Anda perhatikan dalam hal ini. Pertama, pastikan barang muatan tidak mengalami reaksi tertentu saat berdekatan. Kedua, letakkan beban paling ringan di atas.

5.Jangan Menyimpan Barang Berbahaya Tanpa Izin
Barang berbahaya seperti zat kimia yang mudah terbakar, meledak, atau bersifat korosif sangat berisiko ketika disimpan di gudang. Jika tidak memiliki izin dari pihak terkait, lebih baik hindari menyimpan barang-barang ini.

Apabila memang terpaksa, tingkatkan segi keamanan dan persiapkan peralatan khusus untuk mengatasi kemungkinan buruk yang terjadi.

6.Memperhatikan Proses Pengambilan Barang
Dalam proses pengambilan barang memungkinkan terjadi sebuah kecelakaan, sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi produktivitas usaha dan kualitas barang. Di sisi lain, keselamatan pekerja juga jadi salah satu hal yang harus diperhatikan.

Penggunaan material handling yang sesuai dengan kebutuhan. Material handling dalam proses pengambilan barang sangatlah membantu. Adapaun untuk memperkecil angka kecelakaan, pilihlah operator berpengalaman dan anjurkan untuk mematuhi semua prosedur kerja.

Kemudian, ketika melakukan teknik pengangkatan manual, lakukanlah secara benar agar tidak terjadi cedera otot atau tulang. Jika memungkinkan, Anda pun lebih baik melibatkan unsur mekanis material handling.

Setelah memperhatikan  poin di atas, penerapan prinsip ergonomi dari K3 pun tidak kalah penting untuk menunjang keamanan barang dalam gudang.pergudangan

Apabila Anda membutuhkan informasi seputar perlengkapan logistik Tips Mengelola Barang di Pergudangan Agar Aman dan Terjaga segara hubungi kami.

error: Content is protected !!