Grace (081291893410), Della (081213451861), Rere (081398607017)
(021)29093808

Inilah Kegunaan Pallet Plastik Dalam Kegiatan Logistik & Pergudangan

Rajapallet.com – Inilah Kegunaan Pallet Plastik Dalam Kegiatan Logistik & Pergudangan. Mengapa pallet plastik menjadi barang yang wajib ada dalam kegiatan logistik dan pergudangan, apakah produk ini banyak digunakan dalam kegiatan tesebut?

Inilah Kegunaan Pallet Plastik Dalam Kegiatan Logistik & Pergudangan

Kalau kita ke pergudangan atau perusahaan logistik, yang jelas terlihat adalah gedung atau pabriknya, peralatan berat seperti forklift, produk, rak-rak gudang, dan para pekerjanya. Ada 1 barang lagi yang kadang tidak terlihat, namun memiliki kegunaan yang tidak bisa dikesampingkan, yaitu pallet plastik.

Pallet plastik saat dalam kegiatan logistik pasti tidak terlihat, karena bentuknya datar dan berada di bawah produk yang akan didistribusikan. Produk yang yang digunakan ini akan terlihat kalau barang di pasang atau di letakkan pada rak vertikal.

Barang yang terbuat dari plastik ini, ini memang tergolong murah bila dibandingkan dengan alat-alat lainnya. Namun, tanpa pallet proses pengangkutan, pengemasan dan distribusi barang tidak akan berjalan normal. Pallet inilah yang membuat semua proses pengemasan, penyimpanan, pemindahan dan pengangkutan di gudang menjadi berjalan lebih efesien.

Jenis pallet beraneka ragam, ada pallet kertas, pallet kayu, pallet plastik dan pallet besi. Biasanya pallet memiliki ukuran standar 1100 x 1000 mm, 1200 x 1000 mm, 1200 x 1100 mm, 1200 x 1200 mm. Saat ini jenis pallet yang populer adalah pallet kayu dan pallet plastik, karena kedua tipe pallet ini cukup kuat dan harga lebih terjangkau.

Kegunaan Pallet

1.Tempat Alas Menyimpan Barang
Fungsi yang pertama yang seringkali digunakan di pabrik ataupun gudang yang memanfaatkan pallet plastik. Tentu saja untuk menyimpan benda ataupun berbagai produk yang sangat berat dan juga banyak. Biasanya kalau pallet plastik ini bisa menampung 2 hingga 3 karton. Kemudian tingginya hampir mencapai 9 sampai 10 karton secara bertumpuk, sesuai dengan masing-masing barangnya.

2.Menghindari Barang dari Hewan Pengerat
Membantu menghindari hewan-hewan yang dapat merusak produk tersebut. Seperti yang anda ketahui seringkali benda-benda yang langsung diletakkan di lantai, akan mempermudah tikus atau hewan lainnya, untuk merusak benda tersebut.

3.Mempermudah Perhitungan Barang/Pekerjaan
Walaupun hal ini bukanlah fungsi utamanya, banyak para pekerja di pabrik ataupun industri mengaku, bahwa dengan adanya pallet plastik lebih mudah untuk menghitung berapa banyak kardus yang telah disimpan atau ditata dengan rapi. Sehingga pendataan dari produk tersebut akan menjadi lebih mudah.

4.Hemat Biaya Operasional
Selanjutnya fungsi yang bisa dirasakan ketika anda menggunakan pallet plastik untuk industri ataupun pabrik adalah hemat. Namun juga anda bisa menggunakan alat plastik berkali-kali selama pallet plastik tersebut masih kuat sehingga mengurangi biaya pembelian pallet mereka.

5.Menghemat Area Penyimpanan
Fungsi selanjutnya alat pallet plastik yang bisa anda manfaatkan untuk menyimpan produk yaitu menghemat area atau space. Pabrik ataupun industri memang menyediakan lahan yang sangat besar, namun bukan berarti anda bisa meletakkan barang sembarangan dan tidak dengan sesuai peraturan.

6.Mempermudah Pemindahan
Terakhir fungsi yang banyak digunakan oleh pekerja di pabrik atau industri, adanya alat pallet plastik akan mempermudah pemindahan barang dan juga produk dengan jumlah yang besar. Selain pallet nantinya akan dibantu dengan alat berat dan dioperasikan oleh ahlinya. Waktu pemindahan menjadi lebih efisien dan lebih mudah. Apalagi jika pemindahan dilakukan untuk membantu mengirimkan produk dari pabrik ke container dan truk besar untuk didistribusikan.

Inilah Kegunaan Pallet Plastik Dalam Kegiatan Logistik & Pergudangan. Bagi Anda yang membutuhkan pallet untuk pergudangan, tatakan racking gudang segera hubungi kami. Kalau butuh tambahan plastik packing bisa melihat di plastik wrapping atau stretch film.

error: Content is protected !!