SHINTA

(021)2909-3808; 0813-9860-7017

DELLA:

(021)2909-3808 0812-1345-1861

WINDA

(021)2909-3808; 0812-9189-3410

Title

Perbedaan Antara Pallet Plastik PP VS Pallet HDPE

Rajapallet.com – Perbedaan Antara Pallet Plastik PP VS Pallet HDPE. Pallet plastik dibuat dengan menggunakan berbagai bahan plastik, antara lain bahan plastik PP dan plastik HDPE. Berikut adalah perbedaan antara Pallet Plastik bahan PP dan Pallet berbahan plastik HDPE.

 

 

pallet plastik PP VS pallet plastik HDPE

Pallet Plastik PP

“PP” adalah singkatan dari “polipropilena.” Ini juga disebut sebagai polipropena. PP adalah polimer termoplastik yang terbuat dari monomer yang disebut propilena. Ini sangat tahan terhadap asam, basa, dan pelarut kimia dan digunakan untuk memproduksi tekstil, pengemasan, alat tulis, komponen mobil, wadah yang dapat digunakan kembali, dll.

Lebih kaku dan lebih tahan panas, PP umumnya digunakan untuk wadah penyimpanan makanan panas. Kekuatan PP bisa dikatakan antara LDPE dan HDPE. Selain di gunakan untuk membuat pallet, bahan plastik ini juga di guanakan dalam rompi termal dan beberapa bagian mobil, PP juga merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam popok bayi sekali pakai dan pembalut wanita.

 

pallet plastik PPE

Sama seperti LDPE, PP dianggap sebagai plastik yang cukup aman untuk digunakan bersama makanan dan minuman. Namun meskipun memiliki kualitas yang baik, PP tidak mudah didaur ulang dan dapat menyebabkan asma dan gangguan hormonal pada manusia.

PP memiliki kristalinitas intermediate hingga LDPE (Low Density Polyethylene), dan HDPE (High Density Polyethylene). Sebagian besar polipropena komersial bersifat isotaktik. PP fleksibel dan tangguh ketika dikopolimerisasi dengan etilen.

Plastik bahan PP ini memungkinkannya digunakan untuk membuat pallet yang ringan namun kokoh. PP isotaktik meleleh pada 171 derajat Celcius; PP komersial meleleh pada kisaran mulai dari 160 derajat hingga 166 derajat Celcius. PP terdegradasi dari paparan radiasi UV dan panas, seperti di bawah sinar matahari.

Plastik berbahan PP ini selain untuk membuat pallet juga digunakan pada: filter, popok, masker wajah, cangkir, wadah, suku cadang otomotif, baterai, peralatan rumah tangga, dll.

Pallet Plastik HDPE

HDPE adalah singkatan dari “high-density polyethylene”, polyethylene high-density. HDPE adalah termoplastik polietilen yang dibuat dengan menggunakan minyak bumi. Cukup istimewa jika dibandingkan dengan jenis plastik lainnya, HDPE memiliki rantai polimer tunggal yang cukup panjang yang membuat jenis plastik ini cukup padat, kuat, dan lebih tebal dari PET (Polyethylene Terephthalate).

pallet plastik HDPE

Plastik HDPE biasanya digunakan sebagai tas belanja, karton susu, botol jus, botol sampo dan botol obat. Yang spesial mudah didaur ulang, HDPE juga relatif lebih stabil dibanding PET.

Pallet dengan bahan HDPE dianggap sebagai jenis plastik yang cukup aman untuk digunakan bersama makanan dan minuman (food grade), meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa jika terkena sinar UV dalam waktu lama, HDPE dapat menghasilkan bahan kimia yang mirip dengan estrogen (salah satunya adalah hormon pada manusia) yang dapat merusak sistem hormon.

Properti HDPE memiliki lebih banyak kekuatan tarik dan gaya antarmolekul daripada LDPE. Kekuatan ini disebabkan oleh sedikit percabangan yang dimilikinya pada tingkat molekulernya.

Memiliki kekuatan spesifik yang meningkat karena perbedaan densitas dilampaui oleh perbedaan densitas, HDPE sangat keras dan kuat, dan dapat menahan suhu yang sangat tinggi hingga 110 derajat Celcius secara terus menerus dan, untuk rentang waktu yang lebih pendek, suhu setinggi 120 derajat Celcius.

Pallet plastik dengan berbahan HDPE ini biasanya bisa digunakan untuk tatakan racking di gudang, karena sangat kuat. Pallet tahan lama dan tahan terhadap suhu dingin.

Pallet HDPE tahan terhadap berbagai pelarut. Selain untuk pallet, plastik HDPE memiliki beragam aplikasi seperti perdagangan kembang api, komposit plastik kayu, kayu komposit, di tempat pembuangan sampah sebagai pelapis sel, pipa air, rangka backpacking, peralatan rumah tangga, sistem perpipaan yang tahan bahan kimia, pipa baja yang dilindungi oleh lapisan korosi, wadah, plastik aplikasi operasi, pipa gas alam, dll.

Demikian tadi Perbedaan Antara Pallet Plastik PP VS Pallet HDPE, apabila Anda membutuhkan informasi lebih jauh terkait pallet plastik PP dan pallet plastik HDPE, segera hubungi kami, Rajapallet. Yang ingin membeli pallet plastik PP dan HDPE bisa langsung menghubungi sales kami.

Rajapallet

Rajapallet, Rajanya pallet plastik adalah distributor pallet plastik nomor 1, terlengkap dan terpercaya di Indonesia, menjual pallet plastik baru berbagai tipe dan pallet plastik bekas berbagai ukuran dengan harga murah terjangkau

error: Content is protected !!