SHINTA

021)2909-3808; 0813-9860-7017

DELLA:

(021)2909-3808 0812-1345-1861

WINDA

(021)2909-3808; 0812-9189-3410

Title

Pilih Pallet Plastik Atau Palet Kayu : Review Jujur di Lapangan

Rajapallet.com – Pilih Pallet Plastik Atau Palet Kayu : Review Jujur di Lapangan. Artikel ini bersifat objektif dari pengalaman di lapangan dan tidak memihak kepada pallet plastik atu palet kayu. Kami berharap, dengan membaca artikel ini Anda mendapatkan informasi yang benar mengenai fakta di lapangan.

Pilih Pallet Plastik Atau Palet Kayu : Review Jujur di Lapangan

Artikel ini bukan bermaksud untuk memperpanjang perdebatan antara pilih pallet plastik atau palet kayu, namun sebaliknya, Rajapallet ingin memberikan kesaksian di lapangan. Sehingga, setiap perusahaan bisa memilih palet yang sesui dengan kebutuhan dan anggaran di perusahaan.

Seorang penjual palet kayu tentu akan menyatakan bahwa palet kayu lebih baik, lebih murah, demikian juga penjual palet plastik juga akan mengatakan bahwa palet plastik tahan air, anti rayap, , lebih ringan. Kalau konsumen mendengar ini tentau akan menjadi kebingungan, mana palet yang dipilih.

Pilih pallet plastik atau Palet kayu

Ada 5 jenis pallet yang digunakan di lapangan saat ini, yaitu: palet kertas, pallet kayu, pallet plastik dan pallet besi/logam. Palet plastik dan palet kayu adalah palet yang paling umum digunakan dalam industri manufaktur dan logistik. Mengepa demikian? Karena 2 Jenis pallet ini dari pertimbangan harga dan kualitas lebih terjangkau.

Kedua jenis pallet ini sama-sama memiliki kelebihan dan juga kekurangan, bagi palet plastik merupakan sebuah kekurangan, tapi bagi pallet kayu itu merupakan kelebihannya.

1.Harga pallet

Dari segi harga, palet kayu lebih murah dibandingkan dengan pallet plastik. Di lapangan harga palet kayu bisa di bawah harga Rp 100.000,- tapi pallet plastik jarang yang bisa didapat dengan harga di bawah 100.000, – kalau pun ada itu palet plastik bekas.

2.Kebersihan Pallet

Pallet plastik dibuat dengan cara di cetak dengan bahan plastik, sehingga tidak berpori atau memiliki lubang pada bagian tubuhnya sehingga palet plastik lebih higienis karena tidak mudah menyerap zat cair atau bahan-bahan zat lainnya

Pallet plastik akan baik digunakan untuk produk-produk makanan maupun minuman, juga untuk produk yang banyak mengandung air atau cairan. Dalam kondisi dingin pun palet plastik pun lebih tahan lama dibandingkan pallet layu.

Dengan demikian, permukaan palet plastik yang halus dapat dengan mudah dan menyeluruh dibersihkan jika kotor karena pemakaian. Palet plastik sangat cocok untuk industri dengan persyaratan peraturan dan kebersihan seperti farmasi dan makanan dan minuman.

3.Kapasitas angkut

Pallet plastik memiliki kapasitas angkut yang terbatas, rata-rata 3 – 7 ton, sedangkan palet kayu bisa lebih dari 7 ton. Bahkan untuk kapasitas yang lebih dengan mudah pallet kayu bisa di custom dengan harga yang lebih terjangkau.

4.Persyaratan IPSM-15

Pallet plastik memenuhi standar IPSM-15 ISPM singkatan dari International Standards For Phytosanitary Measures No.15 (2009), adalah suatu ketentuan yang dirumuskan oleh PBB yang mengatur tentang penggunaan kemasan kayu sebagai media pembawa komodity. Yang tujuannya untuk mencegah penyebaran hama kayu dari satu negara ke negara lainnya.

Syaratnya adalah memberikan perlakuan atau treatment terhadap kemasan kayu tersebut sebelum digunakan, sehingga menghilangkan resiko terbawanya hama dari satu wilayah ke wilayah lain, atau dari satu negara kenegara lain. Perlakuan yang dimaksudkan yaitu dengan metode Pemanasan ( Heat treatment ) dan metode kimiawi ( fumigasi dengan Methyl bromide ) bukti bahwa kemasan kayu tersebut sudah dilakukan perlakuan yaitu dengan cara pemberian logo / marking pada salah satu sisi kemasan kayu tersebut. Berarti pallet kayu agar memenuhi standar IPSM ini, harus memberikan perlakuan atau treatment.

5.Keamanan

Palet plastik dibuat dengan cara dicetak sehingga bodi pallet lebih halus dibandingkan dengan pallet kayu, sehingga aman untuk produk dan pekerja. Karena palet kayu dibuat dengan cara di paku maka, kadang muncul tonjolan paku atau serpihan dari pallet, sehingga ini mengandung resiko buat produk atau pekerja.

6.Ramah lingkungan

Kedua palet ini sama-sama ramah lingkungan. Kalau pallet plastik bisa diduar ulang kembali menjadi pallet, pallet plastik daur ulang kalau palet kayu bisa didaur ulang menjadi furniture.

Dari point 1-6 terlihat jelas, bahwa pallet plastik dan pallet kayu sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan, dan kedua jenis pallet ini cenderung lebih saling melengkapi kekurangannya. Anda bisa lihat di kombinasi penggunaan pallet plastik dan palet kayu.

Jadi, pertanyaan “Pilih Pallet Plastik Atau Palet Kayu ?” jawabanya: adalah pilih palet yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda dan memanfaatkan kelebihan setiap pallet. Sebagai contoh, kalau Anda ingin mencari pallet untuk tatakan mesin-mesin yang berat karena akan di kirim atau dipindahkan ke truk/container, maka pallet kayu yang tepat untuk Anda. Karena bisa menopang beban yang berat dan bisa dicustom dengan harga lebih murah.

Contoh kedua, Anda membutuhkan palet yang bisa di gunakan sebagai tatakan racking di gudang yang sangat dingin. Palet yang cocok untuk kebutuhan ini tentu palet plastik racking HDPE yang lebih higienis dan tahan terhadap suhu tunggi.

Semoga artikel yang berjudul ” Pilih Pallet Plastik Atau Palet Kayu : Review Jujur di Lapangan” bisa memberikan referensi tambahan saat pilih palet. Apabila Anda masih ragu terkait kebututuhan pallet, pilih pallet plastik atau pallet kayu untuk perusahaan Anda, segera hubungi kami Rajapallet. Kami akan membantu Anda menemukan pallet yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kalau butuh info sewa, bisa baca sewa palet atau sewa palet kayu.

Rajapallet

Rajapallet, Rajanya pallet plastik adalah distributor pallet plastik nomor 1, terlengkap dan terpercaya di Indonesia, menjual pallet plastik baru berbagai tipe dan pallet plastik bekas berbagai ukuran dengan harga murah terjangkau

error: Content is protected !!